Kamis, 16 Februari 2017

BUDIDAYA IKAN MAS KOLAM TERPAL DAN 5 JENIS IKAN MAS HIAS

BUDIDAYA IKAN MAS KOLAM TERPAL DAN 5 JENIS IKAN MAS HIAS 

BUDIDAYA IKAN MAS KOLAM TERPAL DAN 5 JENIS IKAN MAS HIAS 




Ikan Mas Hias

Jenis – jenis ikan mas yang digolongkan kedalam kelompok ikan mas hias sebagai berikut:

1.     Ikan mas kumpay
2.     Ikan mas kaca
3.     Ikan mas kancra domas
4.     Ikan mas koi
5.     Ikan mas fancy

Dari kelima jenis ikan mas hias di atas memiliki ciri – ciri dan bentuk bandan yang berbeda. Ikan mas kumpay ini sangat terkenal dengan ciri khasnya yaitu, Memiliki ciri yang menonjol semua sirifnya panjang dan berumbai sehingga tampak indah ketika bergerak.

Warna sisiknya sangat bervariasi, ada yang putih, kuning, merah, dan hijau gelap. Sedangkan betuk badannya memanjang. Pertumbuhannya tergolong lambat.  Kadang – kadang ikan mas kupai di manfaatkan untuk menjadi ikan konsumsi.

Ikan Mas Kaca
ini mempunyai ciri khas sebagaian tubuhnya tidak tertutup oleh sisiknya. Dan bagian badan yang tidak tertutup sisik sepintas tampak bening, mirip seperti kaca.

Dan di sekitar pangkal siripnya terdapat sirik berwarna putih mengkilap. Sisik tersebut berukuran besar dan tidak seragam.

Ikan MAS Domas

Bentuk tubuhnya memanjang, Gerakannya mirip ikan mas taiwan, yaitu selalu aktif dan kurang jinak. Sisiknya berukuran kecil dan susunannya tidak beraturan.

Warna sisik ikan mas domas bervariasi, ada yang berwarna biru, cokelat , atau hijau. Dan sisik di punggungnya berwarna gelap. Disekitar arah perut warna sisiknya semakin terang keperakan atau keemasan.

Ikan Mas Koi

Yang lebih populer sebut saja koi dan ini dari jepang. Bentuk badannya bulat memanjang. Warna sisiknya beragam, ada yang putih, kuning merah menyala, hitam, atau kombinasi dari warna – warna tersebut.

Ikan mas koi bastar sangat banyak di gemari oleh banyak orang karena warna dan pola totolnya yang sangat indah dan menarik. Selain itu juga gerakannya yang lambat dan cukup jinak membuat banyak orang menyukainya.

Ikan Mas Fancy

Ikan mas fancy bertubuh panjang,sisiknya berwarna putih dan merah. Di tubuhnya terdapat totol – totol berwarna hitam. Sebab warna yang bermacam ini membuat ikan mas diberi nama yaitu Fancy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar