Kamis, 21 Juli 2016

Ikan Koi Sangat Populer

Jenis ikan koi yang dikenal sebagai koi ( saja ).Ikan koi yang semula berasal dari jepang.Sejak tahun 1980 ikan mas koi mulai di kenal oleh masyarakat Indonesia.Pada umunya ikan mas koi amat di gemari oleh penghobi ikan adalah ikan koi jenis bastar.Ikan mas koi digemari karena gerakkan ikannya lambat dan jinak.Ikan mas koi memiliki warna dan pola totolnya yang indah dan menarik.

Salah satu yang paling peting kesuksesan dalam budidaya ikan adalah cara pemeliharan.Pemilihan benih ikan koi  yang tepat.Sehingga ikan yang dihasilkan diharapkan bisa tumbuh lebih optimal.Budidaya pembenihan ikan mas koi dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu secara tradisional, Semi intensif dan secara intensif.Semakin meningkatnya teknologi budidaya ikan khususnya teknologi pembenihan.Maka digunakan induk - induk yang berkualitas.

Jenis ikan koi keberhasilan pembudidayan usaha pembenihan tidak akan tergantung pada kondisi alam.Dengam menemukan kemajuan sistem pemijahan dengan hipofisisasi.Supaya meningkatkan pembuahan telur dengan tehnik.Pembuahan buatan ,penetasan buatan telur secara terkontrol.Tehnik kultur pakanan alami dan pemurnian kualitas induk ikan mas koi.

Pembenihan 

Kegiatan pembenihan dapat dilakukan baik indoor maupun di outdoor.Pemudidaya secara umum telah melakukan kegiatan pembenihan di outdoor sebab pada waktu itu pemudidaya hanya tau cara itu saja.Pembenihan tersebut dianggap mudah dari pada pembenihan yang dilakukan di indoor.Namun kegiatan pembenihan outdoor yang tergantung pada iklim dan perubahan suhu yang tidak setabil.
Akibatnya hasil yang di dapat tidak maksimal sedangkan kebutuhan benih semakin meningkat.Sebab itu pembudidaya mulai melakukan pembenihan indoor.Pembenihan yang ada  dilakukan di indoor pada umumnya pemijahan sampai pemeliharan larva dan benih.

Pemijahan

Dalam kegiatan pemijahan ikan mas koi pada umumnya menggunakan 3 kolam yang harus disediakan.Ke 3 kolam tersebut digunakan untuk pemijahan penetasan dan pendederan.Keberhasilan kegiatan pemijahan yang menggunakan 3 kolam. Karena kondisi kolam yang menggunakan 3 kolam hasil lebih bersih.Sehingga meninimalkan tumbuhnya benih penyakit serta hama.

Cara Di Sumatera

Ukuran luas kolam pemijahan lima meter persegi dasar kolam sedikit berlumpur kolam dikeringkan lalu diisi pagi hari.Induk dimasukan pada sore hari.Kolam pemijahan juga merupakan kolam penetasan.Disediakan injuk untuk menepelkan telur injuk ditebar dipermukan air.Setelah proses memijah selesai induk dapat dipindah kekolam lain.Benih yang sudah berumur lima hari dapat dilakukan pendederan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar