Minggu, 17 Juli 2016

Cara Indukan Yang Siap Untuk Di Pijahkan Ikan Mas

Ciri - ciri indukan yang sudah siap akan di pijahkan.Induk jantan dan induk betina benih unggul yang sudah matang untuk segera di pijah adalah seperti ini;

1.    Induk betina ; umur yang diantara 1,5-2 tahun dengan bobot badan sekitar 2 kg /ekor.Induk jantan ; minimum umur 8 bulan dengan bobot badan berkisar 0,5 kg /ekor.

2.    Bentuk badan secara keseluruhan mulai dari mulut sampai ujung sirip ekor mulus , sehat ,sirip tidak cacat.

3.    Tutup insan normal tidak tebal dan bila dibuka tidak terdapat bercak putih , Panjang kepala minimal 1/3 dari panjang tubuh badan , Lensa mata tampak jernih.

4.     Sirik tersusun rapi ,cerah dan tidak terlihat kusam.
5.    Pangkal ekor kuat dan normal dengan panjang pangkal ekor harus lebih panjang bila dibandingkan dengan lebar atau tebal ekor.

Benih Dan Pemijahan

Pemembenihan dapat dilakukan baik di indoor maupun di outdoor.Para umumnya melakukan kegiatan pembenihan di outdoor karena memang pada saat itu merekan hanya mengetahui cara tersebut.Dan metode tersebut dianggap sangat mudah dilakukan dari pada pembenihan yang dilakukan di indoor, Akan tetapi keterbatasan kegiatan  pembenihan outdoor yang tergantung pada pengaruh iklim dan perubahan suhu yang tidak setabil mengakibatkan hasil yang di dapat tidak maksimal.

Sedangkan kebutuhan benih ikan semakin meningkat,Sebab pembudidaya mulai melakukan pembenihan di indoor, Pembenihan yang dilakukan di indoor pada umum nya hanya muali dari pemijahan sampai pemeliharaan larva dan benih karena pada fase inilah  dianggap sebagai fase yang paling kritis karena rentang telur nya dan larva terhadap perubahan lingkungan dan penyakit. Sedangkan kegiatan pemeliharan induk tetap dilakukan di outdoor.

Dalam kegiatan pemijahan ikan pada umumnya menggunkan tiga kolam yang harus di persiapkan, Ketiga kolam itu adalah kolam pemijah , kolam penetasan dan yang ke tiga kolam pendederan. Akan tetapi kenyataannya dilapangangan banyak peternak pembudidaya hanya menggunakan dua kolam saja dan bahkan hanya ada yang menggunakan satu kolam dan itu artinya kolam pemijah digunakan sebagai kolam penetasan telur.

Tempat penetasan telur sebagai pendederan dan bahkan kegiatan pemijahan , Penetasan telur dan pendederan dilakukan pada kolam yang sama.Namun hasil yang terdapat dilapangan hasil terbaik dari kolam yang terpisah.Berhasilnya kegiatan pemijahan yang menggunakan tiga kolam karena kondisi kolam yang lebih bersih ,Sehingga meminimalkan tumbuhnya penyakit.

Ikan mas tidak memijah dalam sarang seperti ikan gurame.Sedangkan ikan mas memijah dipermukaan air dimana terdapat adanya aliran air yang baru dari saluran air , yaitu pada alat penempel telur.Seperti kakaban dan rerumputan.Ikan mas akan memijah di air yang dangkal dimana terdapat areal perairan yang pada musim kemarau.

Karen itu dalam pemijahan ikan sebaiknya kolam pemijahan di keringkan terlebih dahulu selama beberapa hari selambat nya 7 hari kolam di keringkan.Jika tidak dilakukan pengeringan kolam Biasanya ikan tidak akan mau memijah.Bisa juga memijah , Akan tetapi terjadi pada menjelang subuh bukan tengah malam. Pada saat induk melakukan pembuahan maka sprma dan cairan yang dikeluarkan oleh induk betina baik lendir atau cairan telur membuat air jadi kotor. Sehingga resiko terserangnya telur oleh jamur menjadi lebih besar telur perlu dipindahkan .

Pada kolam penetasan telur jika telur sudah menetas maka benih yang ada harus segera di pindahkan karena telur yang sudah menetas kaya akan kandungan organik sehingga potensi timbulnya penyakit dan jamur menjadi lebih besar. Apa bila benih tidak dipindahkan maka resiko terserangnya benih oleh jamur dan penykit menjadi semakin besar.

Kolam

Kolam pemijahan biasanya berukuran tidak terlalu luas.Ukuran kolam pemijahan yang digunakan 4m x 4m hingga 4m x 10m.Bila kolam pemijahan menggunakan kolam beton maka ukurannya dapat diperkecil menjadi 2m x 4m ukuran ini bukan aturan mutlak yang penting kolam yang digunakan tidak membuat induk ikan berdesak - desakan.

Sebelum digunakan terlebih dahulu kolam pemijahan dikeringkan dan dijemur dipanaskan matahari selama 2 sampai 3 hari.bila cuaca mendung atau matahari tertutup awan waktu pengeringan dapat di perpanjang menjadi 5-7 hari. Dasar kolam yang harus benar - benar kering ditandai dengan bau tanah saat diisi air.Bau tanah tersebut berdsarkan pengalaman dapat merangsang induk ikan untuk memijah.

Hal tersebut dikarenakan mirip dengan suasana didalam pada memsuki musim penghujan. Oleh karena itu pengeringan dan penjemuran mutlak dilakukan.Untuk merangsang induk ikan memijah dengan cara membakar batu bata dan jerami didasar kolam. Hasil pembakaran batu bata menghasilkan sama dengan bau tanah yang sama dengan pengeringan kolam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar